headerev

Sosialisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Kecamatan Tanjung Selor Tahun 2019

WhatsApp Image 2019-09-16 at 09.19.29 (2)

 

Tanjung Selor– Pemerintah Kabupaten Bulungan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa menggelar Sosialisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Tahun 2019 di Kecamatan Tanjung Selor pada hari Kamis tanggal 12 September 2019. Acara sosialisasi ini melibatkan Bappeda Kabupaten Bulungan dan Inspektorat Kabupaten Bulungan sebagai narasumber dalam kegiatan sosialisasi ini. Acara yang di buka oleh Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Bulungan dan Camat Tanjung Selor dihadiri oleh Kepala Desa, Sekretaris Camat, Kaur Keuangan dan Ketua BPD se-Kecamatan Tanjung Selor.

Kegiatan Sosialisasi ini di awali dengan materi yang disampaikan oleh perwakilan dari Bappeda, yang mana dalam pelaksanaannya APBDes dapat bersinergi dengan visi dan misi yang terdapat di pemerintahan kabupaten bulungan. APBDes merupakan kelanjutan dari RKP yang telah disusun untuk kemudian dapat dilakukan perencanaan yang terarah dan sistematis melalui penganggaran di APBDes.

Perwakilan dari Inspektorat juga menyampaikan beberapa materi terkait dengan pemeriksaan Alokasi Dana Desa dan Dana Desa di mana perencanaan dan penganggarannya melalui APBDEs, Pedoman penyusunan APB Desa harus mengatur hal-hal yang memastikan bahwa alokasi belanja dengan hasil serta output yang akan dihasilkan dalam suatu kegiatan adalah logis dan telah memperhitungkan tingkat kemahalan serta kondisi geografis Desa. Desa dapat mengatur standar satuan harga yang disesuaikan dengan mengacu harga satuan kabupaten sebagai patokan tertinggi.  Jika terdapat harga satuan material/jasa yang lebih tinggi dari kabupaten, maka Desa harus menyampaikan alasan yang kuat.  Apalagi Desa menggunakan Swakelola yang dalam pelaksanaan kegiatannya masyarakat terlibat langsung di dalamnya. untuk itu diharapkan dalam pelaksanaan kegiatannya harus mempunyai administrasi yang lengkap agar ketika dilakukan pemeriksaan oleh Inspektorat Desa sudah siap.

Camat Tanjung Selor juga mengharapkan Kepala Desa dan Ketua BPD dapat bekerjasama dalam pembangunan di Desa. ini dapat dilihat bahwa APBDes Kecamatan Tanjung Selor untuk Tahun 2019 telah rampung dilaksanakan. Camat berharap untuk tahun depan  Sosialisasi ini dapat lebih cepat dilaksanakan sebelum penyusunan APBDes. Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa juga menyampaikan agar ke depannya DPMD dan Kecamatan Tanjung Selor dapat lebih bagus lagi melakukan pembinaan dan pengawasan ke desa.