Header kec

PENYELENGGARAAN BIMBINGAN TEKNIS PENYUSUNAN RKPDES DI WILAYAH KECAMATAN TANJUNG SELOR

2020-07-09 08:00:00
Gedung BPU Kecamatan Tanjung Selor
6ff8891b-edce-4509-b18e-1bd920c8aa3a (1)

Tanjung Selor-  Kecamatan Tanjung Selor pada hari kamis mengadakan Bimbingan Teknis Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa di wilayah Kecamatan Tanjung Selor dengan mengundang Usur Desa yang terdiri dari Kepala Desa, Sekretaris Desa, Kaur Perencanaan, Ketua BPD dan Ketua LPM yang merupakan Tim penyusun RKPDes di Desa  dengan Narasumber dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Bulungan BIdang Pengembangan Desa. Pada rapat ini dibuka oleh Kepala Bidang  Pengembangan Desa dan kemudian dilanjutkan Camat Tanjung Selor. Camat berharap Bimtek ini dapat menjadi wadah Aparat Desa dalam menambah wawasan mengenai perencanaan di Desa. Pada bulan juli  ini merupakan bulan penyusunan RKPDes di desa, untuk itu kecamatan berinisiatif untuk mengadakan Bimbingan  Teknis Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa di wilayah Kecamatan Tanjung Selor agar Desa mengetahui cara penyusunan RKPDes yang baik dan benar.

 

RKPDes mempunyai peranan yang penting dalam perencanaan kegiatan di Desa yang dimana perencanaan RKPDes tersebut merupakan kegiatan yang di masukan dari perencanaan RPJMDes yang kemudian akan di anggaran dalam APBDes. Seperti yang di katakan  Kepala Bidang Pengembangan Desa                  “RKPDes merupakan satu kesatuan dengan APBDes dan berharap Desa tidak hanya fokus dengan APBDes saja namun juga memperhatikan perencanaan RKPDesnya”. Karena selama ini desa tidak fokus dalam perencanaan RPJMDes dan RKPDes yang terlihat dari banyaknya kegiatan yang berubah.

Sesuai Perencanaan Desa harus membuat Dokumen RPJMDes selama 6 Tahun kepemimpinan Kepala Desa yang terdiri dari perencanaan kegiatan di desa selama 6 tahun ke depan kemudian membuat Dokumen RKPDes setiap tahun yang meruapakan penjabaran dari RPJMDes. Untuk kemudian di masukan ke dalam APBDes desa untuk di anggarkan.
Dengan adanya Bimbingan Teknis ini Kecamatan Tanjung Selor berharap desa dapat lebih mengetahui penyusunan RKPDes yang benar untuk tahun 2021 dan Desa juga dapat fokus dalam perencaan kegiatan ke depannya.