Header kec

Musrenbang Tingkat Kecamatan Tahun 2020

IMG_8466

 

Tanjung Selor(06/02/20). Musyawarah Rencana Pembangunan Tingkat Kecamatan Tanjung Selor Tahun 2020 adalah Acara tahunan yang di gelar di kecamatan tanjung selor dalam rangka penyamarataan pembangunan di tingkat Desa dan Kelurahan. Acara Musrenbang Kecamatan Tanjung Selor Tahun 2020 di gelar pada hari kamis, 6 Februari 2020 yang  di buka oleh Komisi III DPRD Kabupaten Bulungan Ibu Farida Silviawati, ST, Sekretaris Bappeda Kabupaten Bulungan Kristiyanto, SP.MT dan Camat Tanjung Selor Hardiansyah, SE serta Ketua Panitia Musrenbang kecamatan tanjung selor Norhawa, S.STP. adapun undangan yang dapat hadir pada musrenbang iii seperti kepala Diknas Provinsi Kalimantan Utara, Kepala OPD Kabupaten Bulungna, Kepala UPT. Puskesmas tg. selor, kapolsek dan kodim kecamatan, Lurah dan Kepala Desa se-Kecamatan tg.selor, TKSK dan Pendamping Desa, Penyuluh KB dan Penyuluh pertanian kecamatan serta para CSR yang ada di kecamatan tg.selor.

Usulan Musrenbang ini terbentuk dari usulan Musrenbang Tingkat Desa dan Kelurahan yang terbagi menjadi 4 Sub Bidang yaitu Bidang Infrastruktur Wilayah, Pembangunan Manusia, Ekonomi & SDA dan Pengembangan Pemerintahan. usulan yang di usulkan merupakan usulan yang sangat prioritas yang tidak dapat di anggarkan menggunakan Dana Desa dan Dana Kelurahan. Untuk itu masyarakat yang mengusulkan sangat berharap terhadap usulan yang masuk untuk dapat di akomodir pemerintah, namun karena terbatasnya anggaran yang ada setiap tahun mengakibatkan tidak semua usulan dapat diakomodir. dari bebrapa usulan yang masuk yang paling banyak adalah usulan di bidang infrastruktur wilayah, ini menandakan bahwa wilayah kecamatan tanjung selor masih banyak memerlukan bantuan pembangunan fisik, baik perbaikan jalan, semenisasi, drainase, gorong-gorong,dll. terdapat juga beberapa wilayah kecamatan tanjung selor yang belum mendapatkan akses air bersih seperti di selimau 2 dan 3 kelurahan tanjung selor timur dan Desa Gunung Seriang, selama ini warga banyak bergantung dari air hujan, sungai dan air gambut. ini mennjadi permasalahan selama ini tentang kesehatan dan kebersihan warga. untuk itu masyarakat sangat berharap melalui musyawarah ini usulan yang ada dapat di akomodir.

Pada musyawarah ini Forum Anak Daerah Kecamatan tanjung selor juga mensuarakan usulannya seperti, tempat kreasi dan inovasi bagi anak-anak, pengadaan Bus dan Halte bagi anak sekolah, Taman literasi dan zona Area untuk anak TK dan SD. Ini dikarenakan wilayah kecamatan tanjung selor masih memerlukan daerah yang ramah anak untuk keamanan bagi tumbuh kembang anak. Tanjung selor di harapkan dapat meningkatkan literasi bagi anak-anak sehingga meningkatkan minat baca bagi anak-anak dan meminimalisir penggunaan gadget.