BANNER-ATASREV

TUPOKSI

Dalam menyelenggarakan tugas umum pemerintahan, Camat mempunyai tugas sebagai berikut :

  1. Mengkoordinasikan kegiatan pemberdayaan masyarakat;
  2. Mengkoordinasikan upaya penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum;
  3. Mengkoordinasikan penerapan dan penegakan peraturan daerah dan peraturan bupati;
  4. Mengkoordinasikan pemeliharaan prasarana dan sarana fasilitas pelayanan umum;
  5. Mengkoordinasikan penyelenggaraan kegiatan pemerintahan yang dilakukan oleh perangkat daerah di tingkat kecamatan;
  6. Membina dan mengawasi penyelenggaraan kegiatan pemerintahan desa/kelurahan;
  7. Melaksanakan pelayanan masyarakat yang menjadi ruang lingkup tugasnya dan/atau yang belum dapat dilaksanakan oleh pemerintahan desa dan /atau kelurahan;
  8. Memimpin dan mengendalikan organisasi Kecamatan agar lebih berdaya guna dan berhasil guna.
  9. Melaksanakan monitoring dan menyusun bahan evaluasi serta pelaporan dan pelaksanaan tugas;
  10. Memberikan pembinaan dan arahan serta penilaian kinerja bawahan;
  11. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan bidang tugas dan kewenangannya.

      Dalam melaksanakan tugasnya Camat menyelenggarakan fungsi sebagai berikut :

  1. Pengkoordinasian penyelenggaraan pemerintahan di Wilayah Kecamatan;
  2. Penyelenggaraan kegiatan pembinaan ideologi negara dan kesatuan bangsa;
  3. Pengkoordinasian kegiatan pemberdayaan masyarakat;
  4. Pelaksanaan pembinaan penyelenggaraan terhadap kegiatan dibidang ketentraman dan ketertiban umum;
  5. Pelaksanaan pembinaan penyelenggaraan bidang ekonomi;
  6. Pelaksanaan pembinaan penyelenggaraan bidang sosial dan kemasyarakatanan;
  7. Pengelolaan urusan administrasi Sekretariatan Kecamatan;
  8. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Selain menyelenggarakan tugas dan fungsinya, Camat melaksanakan kewenangan pemerintahan yang dilimpahkan oleh Bupati untuk menangani sebagian urusan otonomi daerah yang meliputi aspek :

  1. Perizinan
  2. Rekomendasi
  3. Koordinasi
  4. Pembinaan
  5. Pengawasan
  6. Fasilitasi
  7. Penetapan
  8. Penyelenggaraan
  9. Kewenangan lain yang dilimpahkan

Tugas Sekretariat yaitu menyelenggarakan koordinasi pelaksanaan tugas, pembinaan dan pemberian dukungan administrasi kepada seluruh unit organisasi di lingkungan kecamatan;

Dalam melaksanakan tugasnya, sekretariat mempunyai fungsi :

  1. pengoordinasian kegiatan Kecamatan;
  2. pengoordinasian penyusunan rencana, program, anggaran Kecamatan;
  3. pelaksanaan urusan pengelolaan keuangan;
  4. pelaksanaan pengumpulan dan pengolahan data serta pemantauan, evaluasi dan pelaporan;
  5. pembinaan dan pemberian dukungan administrasi yang meliputi ketatausahaan, kepegawaian, kerumah tanggaan, kerja sama, hubungan masyarakat, arsip, dan dokumentasi;
  6. penataan organisasi dan tata laksana;
  7. koordinasi dan penyusunan peraturan perundang-undangan;
  8. pengelolaan barang milik/kekayaan daerah; dan
  9. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Camat sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Tugas Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan yaitu melakukan penyiapan bahan penyusunan rencana, program, dan anggaran pengelolaan keuangan serta pemantauan, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan kegiatan di lingkungan kecamatan;

Fungsi Sub Bagian Perencanaan dan  Keuangan :

  1. melakukan penyusunan rencana dan anggaran Subbagian Perencanaan dan Keuangan;
  2. melakukan penyiapan bahan koordinasi dan penyusunan rencana, program dan anggaran Kecamatan;
  3. menyiapakan bahan koordinasi dan penyusunan rencana strategis;
  4. menyiapakan bahan penyusunan laporan;
  5. melakukan pengumpulan, pengolahan dan penyajian data;
  6. melakukan penyiapan bahan penyusunan pedoman teknis pelaksanaan kegiatan tahunan di lingkungan Kecamatan;
  7. menyiapkan bahan penyusunan satuan biaya, daftar isian pelaksanaan anggaran, petunjuk operasional kegiatan, dan revisi anggaran;
  8. melakukan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan program dan kegiatan di lingkungan Kecamatan;
  9. melakukan penyusunan laporan kinerja lingkungan Kecamatan;
  10. melaksanakan urusan administrasi keuangan;
  11. melaksanakan urusan perbendaharaan dan gaji;
  12. melaksanakan urusan verifikasi dan akuntansi;
  13. melakukan penyiapan pertanggungjawaban dan pengelolaan dokumen keuangan;
  14. melakukan penyusunan laporan keuangan;
  15. melakukan penyusunan laporan kegiatan Subbagian Perencanaan dan Keuangan; dan
  16. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris sesuai dengan tugasnya.

Tugas Subbagian Umum dan Kepegawaian yaitu melakukan urusan kepegawaian, tata usaha, rumah tangga, kerja sama, kehumasan, dan protokol serta ketatalaksanaan di lingkungan Kecamatan.

Fungsi Subbagian Umum dan Kepegawaian yaitu:

  1. melakukan penyusunan rencana dan anggaran Subbagian Umum dan Kepegawaian;
  2. melakukan urusan tata usaha, persuratan dan kearsipan;
  3. melakukan urusan rencana kebutuhan dan usulan pengembangan pegawai;
  4. melakukan urusan mutasi, tanda jasa, kenaikan pangkat, kenaikan jabatan, pemberhentian dan pensiun pegawai;
  5. melakukan urusan tata usaha kepegawaian, disiplin pegawai dan evaluasi kinerja pegawai serta urusan kepegawaian lainnya;
  6. menyiapkan bahan penyampaian Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) dan Laporan Harta Kekayaan Aparatur Sipil Negara (LHKASN);
  7. mengoordinasikan penyiapan bahan Reformasi Birokrasi;
  8. melakukan urusan rumah tangga, keamanan dan kebersihan;
  9. melakukan penyiapan penyusunan laporan dan administrasi penggunaan peralatan dan perlengkapan kantor;
  10. melakukan penyusunan Rencana Kebutuhan Barang Unit (RKBU) dan Rencana Pemeliharaan Barang Unit (RPBU
  11. melakukan penyiapan bahan penatausahaan dan inventarisasi barang;
  12. melakukan penyiapan bahan administrasi pengadaan, penyaluran, penghapusan dan pemindah tanganan barang milik daerah;
  13. melakukan urusan kerja sama, hubungan masyarakat dan protokol;
  14. melakukan evaluasi kelembagaan dan ketatalaksanaan;
  15. melakukan telaahan dan penyiapan bahan penyusunan peraturan perundang-undangan;
  16. melakukan penyusunan laporan kegiatan Subbagian Umum dan Kepegawaian; dan
  17. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris sesuai dengan tugasnya.

 

Tugas Seksi Pemerintahan, Ketentraman dan Ketertiban yaitu  merumuskan dan melaksanakan kebijakan teknis bidang pemerintahan, ketentraman dan ketertiban.

Fungsi Seksi Pemerintahan, Ketentraman dan Ketertiban :

  1. penyusunan bahan perumusan kebijakan teknis bidang pemerintahan, ketentraman dan ketertiban;
  2. pengoordinasian dan fasilitasi kerjasama dan penyelesaian perselisihan antar Kelurahan;
  3. pengoordinasian, fasilitasi dan pembinaan administrasi keagrariaan dan kependudukan dan catatan sipil;
  4. pelaksanaan pengawasan atas tanah-tanah negara dan tanah aset Pemerintah Kabupaten di wilayah Kecamatan;
  5. pelaksanaan pembantuan terhadap pelaksanaan pembebasan tanah milik dan pelepasan hak yang akan dipergunakan untuk kepentingan pembangunan serta peralihan status tanah dari tanah negara menjadi hak milik sesuai dengan peraturan perundang-undangan;
  6. pelaksanaan inventarisasi aset daerah atau kekayaan daerah lainnya yang berada di wilayah kerjanya;
  7. pengoordinasian dan fasilitasi kegiatan Unit Pelaksana Teknis baik UPT Dinas maupun Badan yang berada di wilayah Kecamatan;
  8. pelaksanaan koordinasi dan hubungan kerjasama serta fasilitasi dengan instansi vertikal yang berada di wilayah Kecamatan;
  9. pembinaan dan pengawasan tertib administrasi pemerintahan Kelurahan;
  10. pemberian bimbingan, supervisi, fasilitasi dan konsultasi pelaksanaan administrasi Kelurahan;
  11. pembinaan dan pengawasan terhadap perangkat Kelurahan;
  12. pemantauan dan evaluasi penyelengaraan pemerintahan Kelurahan di tingkat Kecamatan;
  13. persiapan bahan dan data untuk penyelenggaraan pemilu;
  14. penyiapan bahan dan data untuk pembinaan idiologi negara, kesatuan bangsa dan peningkatan partisipasi politik masyarakat lintas Kelurahan;
  15. pengoordinasian dan fasilitasi satuan polisi pamong praja dalam penegakan peraturan daerah dan peraturan bupati serta perlindungan masyarakat melalui kesiagaan dan penanggulangan bencana;
  16. pengoordinasian dengan kepolisian negara republik indonesia dan/atau tentara nasional indonesia mengenai program dan kegiatan penyelenggaraan ketenteraman dan ketertiban umum di wilayah Kecamatan;
  17. pembinaan dan fasilitasi terhadap upaya-upaya yang dilaksanakan oleh masyarakat dalam rangka menciptakan dan memelihara ketenteraman dan ketertiban umum di wilayah Kecamatan
  18. pengoordinasian dengan pemuka agama yang berada di wilayah kerja Kecamatan untuk mewujudkan ketenteraman dan ketertiban umum masyarakat di wilayah Kecamatan; dan
  19. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Camat sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Tugas Seksi Pemberdayaan Masyarakat Desa/Kelurahan yaitu merumuskan dan melaksanakan kebijakan teknis bidang pemberdayaan masyarakat desa/Kelurahan.

 

 

Fungsi Seksi Pemberdayaan Masyarakat Desa/Kelurahan yaitu:

  1. penyusunan bahan perumusan kebijakan teknis bidang pemberdayaan masyarakat Desa/Kelurahan;
  2. pengoordinasian kegiatan pemberdayaan masyarakat desa/Kelurahan;
  3. penyelenggaraan forum musyawarah perencanaan pembangunan di desa dan/atau Kelurahan dan Kecamatan;
  4. pelaksanaan pembinaan dan pengawasan terhadap unit kerja pemerintah maupun swasta yang mempunyai program kerja dan kegiatan pemberdayaan masyarakat di wilayah kerja Kecamatan;
  5. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan kegiatan pemberdayaan dan pembangunan masyarakat di wilayah Kecamatan;
  6. peningkatan partisipasi masyarakat dalam perencanaan pembangunan lingkup Kecamatan;
  7. pelaksanaan fasilitasi dan pembinaan penyelenggaraan pemerintahan desa dalam wilayah kerjanya;
  8. pembinaan dan pengawasan tertib administrasi pemerintahan desa;
  9. pemberian bimbingan, supervisi, fasilitasi dan konsultasi pelaksanaan administrasi desa;
  10. pembinaan dan pengawasan terhadap Kepala Desa dan perangkat desa
  11. pelaksanaan evaluasi penyelengaraan pemerintahan desa di tingkat Kecamatan; dan
  12. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Camat sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Tugas  Seksi Ekonomi, Sosial dan Kesejahteraan Rakyat yaitu  merumuskan dan melaksanakan kebijakan teknis bidang ekonomi, sosial dan kesejahtrraan rakyat.

Fungsi Seksi Ekonomi, Sosial dan Kesejahteraan Rakyat yaitu:

  1. penyusunan bahan perumusan kebijakan teknis bidang ekonomi, sosial dan kesejahteraan rakyat;
  2. pengoordinasian, fasilitasi dan pembinaan bantuan sosial, pendidikan, kebudayaan, pemuda dan olah raga, kepramukaan, keagamaan, kesehatan dan keluarga berencana;
  3. pengoordinasian, fasilitasi dan pembinaan usaha-usaha kegiatan ekonomi kemasyarakatan, produksi dan jasa;
  4. pengoordinasian, pembinaan dan pengembangan serta pemantauan kegiatan perindustrian, perdagangan, kepariwisataan, perkoperasian, Usaha Mikro, Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) serta golongan ekonomi lemah, pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan, perhubungan dan ketransmigrasian di Kecamatan;
  5. pengoordinasian dan fasilitasi pembinaan pengembangan perkoperasian, perkreditan rakyat dan pembangunan ekonomi kemasyarakatan;
  6. pelaksanaan pembinaan dan fasilitasi kegiatan organisasi sosial/kemasyarakatan dan lembaga swadaya masyarakat (LSM) termasuk PKK di wilayah Kecamatan;
  7. pengoordinasian, fasilitasi dan pelaksanaan pembinaan terhadap lembaga adat dan suku terasing di wilayah Kecamatan; dan
  8. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Camat sesuai dengan tugas dan fungsinya

Tugas Seksi Pelayanan Umum yaitu merumuskan dan melaksanakan kebijakan teknis bidang pelayanan umum.

Fungsi Seksi Pelayanan Umum yaitu:

  1. penyusunan bahan perumusan kebijakan teknis bidang pelayanan umum;
  2. pelaksanaan perencanaan kegiatan pelayanan kepada masyarakat di Kecamatan;
  3. pelaksanaan percepatan pencapaian standar pelayanan minimal di wilayahnya;
  4. pelaksanaan pembinaan dan pengawasan terhadap pelaksanaan pelayanan kepada masyarakat di Kecamatan;
  5. pelaksanaan evaluasi terhadap pelaksanaan pelayanan kepada masyarakat di wilayah Kecamatan;
  6. penyusunan laporan pelaksanaan kegiatan pelayanan kepada masyarakat di wilayah Kecamatan kepada bupati;
  7. pengoordinasian pemeliharaan prasarana dan fasilitas pelayanan umum; dan
  8. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Camat sesuai dengan tugas dan fungsinya.