BANNER-ATASREV

SEJARAH KECAMATAN TANJUNG SELOR

 

            Tanjung Selor merupakan salah satu  Kecamatan yang terletak di Kabupaten Bulungan dan merupakan pemekaran dari Kecamatan Tanjung Palas  sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Bulungan Nomor 13 Tahun 2002 tentang pembentukan Kecamatan yang terdiri dari  Kecamatan Tanjung Palas Barat, Kecamatan Tanjung Palas Utara, Kecamatan Tanjung Palas  Timur,  Kecamatan Tanjung Selor, Kecamatan Tanjung Palas  tengah, sesayap,  dan Peso Hilir. Serta Peraturan Bupati  Nomor 31 Tahun 2013 tentang Pedelegasian sebagian Urusan  Pemerintahan  yang menjadi Kewenangan Bupati  Bulungan kepada Camat, dan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2008 tentang Kecamatan.

            Pada awal pembentukan Kecamatan Tanjung Selor di pimpin Oleh Bapak H.Rahmadi, SE.Msi yang dilantik sejak tahun 2003 sampai dengan tahun 2009 sesuai Keputusan Bupati Bulungan, selanjutnya dipimpin Oleh Bapak  Abdul Jalil, S.Sos.M.Ap sejak tahun 2009 sampai dengan Februari 2013, selanjutnya di pimpin oleh  Bapak M.Sattar, S.sos sejak tahun Februari 2013 sampai dengan Juli 2013  yang selanjutnya dipimpin oleh Bapak  Errin Wiranda, SE. sejak bulan Juli 2013 sampai saat ini .

            Tanjung Selor  sebagai ibukota Provinsi Kalimantan Utara dan Ibukota Kabupaten Bulungan merupakan pusat pemerintahan yang masyarakatnya sangat beragam terdiri dari berbagai suku, seperti tidung, bulungan, dayak, bugis, jawa, dan suku-suku pendatang lainnya. Dengan keragaman suku masyarakat membuat budayanya pun juga cukup beragam, sesuai dengan keradaan suku masyarakatnya. Namun dengan keragaman itulah membuat dinamika budaya pun mengalami proses akulturasi dan saling menghormati antar budaya dan masyarakatnya.