BANNER-ATASREV

Profil Desa Bumi Rahayu

 

Nama Desa                                     : Bumi Rahayu

Nama Kecamatan                           : Tanjung Selor

Nama Kepala Desa                         : Sri Widodo

Masa Jabatan Kepala Desa            : Dari Tahun 2013 S.d Tahun 2019

Luas Desa                                       : ± 99.67 KM2

Alamat Kantor Desa                        : Jl. Pembangunan RT. 03 Rw.01

No. Telepon Kantor Desa                :  085654404676

Email                                                : Bumirahayu09@yahoo.com

Jumlah Kependudukan                    :  1.158 Jiwa

Batas-Batas Desa                            :

Potensi Ekonomi Perdesaan :

Letak geografis desa Bumi Rahayu yang terbilang sangat dekat dengan Tanjung Selor ibukota Kabupaten Bulungan (± 30 KM). Desa Bumi Rahayu merupakan desa transmisgrasi memiliki berbagai potensi Sumber Daya Alam, diantaranya potensi pertanian, perikanan, budidaya dan peternakan, serta industri kecil menengah. Dengan latar belakang desa transmigrasi masyarakatnya memiliki softskill dalam pengelolaan SDA yang ada bahkan dalam industri kreatif.

Letak Desa Bumi Rahayu yang cukup strategi menjadikan desa ini memiliki peluang menjadi desa maju dan mandiri, ketika segala potensi Sumber Daya Alam ditunjang dengan peningkatan Sumber Daya Manusia. Potensi desa yang menjadi fokus BUMDesa diantaranya :

  1. Unit Usaha Peternakan

Peternakan bebek menjadi pilihan BUMDesa karena selain masyarakat memiliki skill dibidang ini, juga memiliki potensi pangsa pasar yang cukup besar di wilayah perkotan. Selain budidaya bebek, BUMDesa juga melakukan usaha jual beli pakan ternak dan olahan telur asin. Usaha ini dinilai sangat menguntungkan baik oleh BUMDesa maupun masyarakat desa, karena selain peternakan yang dilakukan oleh BUMDesa, BUMDesa juga melakukan kemitraan dengan masyarakat peternak bebek, sehingga masyarakat bukan hanya sebagai objek pasar, tapi juga sebagai pelaku produsen dengan melakukan kemitraan kerjassama dengan BUMDesa. Unit usaha ini pada rentang bulan Juli-Desember 2017 memiliki Omset Rp. 11.754.000.

  1. Unit Usaha Penjualan SEMBAKO

Meskipun Desa Bumi Rahayu relative dekat dengan ibukota kabupaten, namun di desa belum ada pasar atau agen sembako. Dalam rentang bulan Juli-Desember 2017 unit usaha ini memiliki Omset Rp. 5.471.000, meskipun masih relative kecil, namun dirasa cukup membantu masyarakat dalam penyediaan barang kebutuhan sehari-hari. Unit usaha ini masih membutuhkan manajerial dan inovasi dalam pengembangannya.

  1. Unit Usaha Simpan Pinjam (SPP)

Masyarakat Desa dalam melakukan peningkatan perekonomiannya membutuhkan stimulant dana, baik digunakan dalam bidang usaha, modal pertanian dan perkebunan bahkan dalam pengembangannya bidang industry kecil menengah. Dalam periode bulan Juli-Desember 2017 unit usaha ini memiliki Omset RP. 58.000.000

Selain jenis usaha yang telah dijalankan oleh BUMDesa diatas, Desa Bumi Rahayu juga memiliki potensi lain, diantaranya :

  1. Bidang Usaha Budidaya Ikan Lele

Hasil budidaya ikan lele ini cukup besar, dengan masa panen kurang lebih 3 bulan, pada bulan oktober 2017 lalu hasil panenmencapai 3 Ton, namun kendala utama adlaah jenis ikan ini belum memiliki pasar yang menjanjikan sehingga hasil panen hanya sebagai konsumsi pribadi. Kedepan pemerintah desa maupun BUMDesa akan melakukan kemitraan-kemitraan dalam pemasaran jenis ikan lele ini.

  1. Bidang Pertanian dan Perkebunan

Desa Bumi Rahayu memiliki tanah yang subur sehingga potensi besar dibidang pertanian dan perkebunan. Saat ini masyarakat menekuni Perkebunan Lada (Merica) dan pertanian Palawija. Tanaman palawija memiliki sasaran pasar yang jelas, yaitu daerah pasar di perkotaan dan perusahaan disekitar desa.

  1. Bidang Industri Percetakan Batu Bata

Desa Bumi Rahayu memiliki potensi yang cukup baik dibidang industri percetakan Batu Bata, lahan bahan baku yang masih banyak, masyarakat penggiat industry ini juga tergolong banyak. Bidang industri ini dilakukan oleh masyarakat secara mandiri, dalam pengembangannya dibutuhkan pengelolaan dan manajemen jangka panjang sehingga industri ini bisa berkembang pesat, melihat Kabupaten Bulungan merupakan pusat ibukota Provinsi yang dalam tahap pengembangan infrastruktur baik yang dilakukan oleh pemerintah maupun pihak swasta dan perorangan.

 

Struktur Perangkat Desa

 

 

 

 

 

 

ONLINE SURVEY

APAKAH ANDA PUAS DENGAN PELAYANAN KAMI ?

View Results

Loading ... Loading ...

BERITA POPULER