BANNER-ATASREV
Rapat Koordinasi Kegiatan Lurah dan Kepala Desa Kecamatan Tanjung Selor
Mon, 02-Aug-2018, No Comments

Tanjung Selor- Rapat Koordinasi kegiatan lurah dan kepala desa telah dilaksanakan pada tanggal 1 Agustus 2018 yang dipimpin oleh Camat Tanjung Selor Errin Wiranda, SE dan dihadiri oleh Kasi Kecamatan Tanjung Selor Serta Lurah dan Kepala Desa. Pada pertemuan kali ini, Camat membahas Kegiatan Kecamatan, Kelurahan dan Desa yang dilaksanakan selama setengah tahun 2018 ini yaitu selama 7 bulan. Dalam 7 Bulan ini banyak kegiatan-kegiatan yang difasilitasi oleh kecamatan tanjung  selor dan tentunya perlu  dilakukan dengan Monitoring dan Evaluasi ke  Kelurahan dan Desa. Camat berharap kegiatan dilaksanakan dengan niat yang tulus dan ikhlas agar Aparatur Desa dan Kelurahan dapat bekerja secara optimal dan dapat meningkatkan kreatifitas dan inovasi di tingkat desa dan kelurahan maupun kecamatan.
Berkaitan dengan PP 17 Tahun 2018. Di dalam PP 17 2018 hampir sama PP 19 Tahun 2008 Tentang kecamatan. Tugas-tugas kecamatan untuk memfasilitasi di kecamatan maupun desa dan kelurahan.  Tugas-tugas kecamatan yang terdiri dari tugas umum pemerintahan, pemberdayaan, perda, sarana dan prasarana, pembinaan di desa dan kelurahan.
Pada pertemuan kali ini Camat juga membahas masalah Lahan yang ada di Kecamatan Tanjung, pemutakhiran Data Kependudukan yang telah mulai di jalankan , serta akta kematian, akta kelahiran dan rastra.

      Berkaitan dengan pemutakhiran data kependudukan, Kecamatan Tanjung Selor diberikan tugas untuk memfasilitasi pemutakhiran data kependudukan dan di beri waktu 1 Bulan. Untuk bapak ibu ketua RT untuk memfasilitasi pendataan katu keluarga form yang ada hanya berjumlah  2.809  sedangkan kepala keluarga 10.000 ke atas. Camat berharap Lurah dan Kepala Desa dapat memberikan pesan kepada bapak ibu ketua RT untuk dengan benar melakukan pendataan. Ketua RT dapat lebih dulu memferivikasi Form yang masuk apakah ada yang berubah dari pendidikan, penambahan anggota keluarga maupun pengurangan sehingga data yang akan di dapatkan merupakan data yang valid. Kecamatan akan terus memantau sejauh mana perkembangan untuk pemutakhiran data kependudukan yang dijalankan oleh desa da kelurahan.
Camat juga membahas akta kelahiran dimana  kecamatan tanjung selor hampir 20.000 yang belum mendapatkan akta kelahiran. Sekretaris Camat akan berkoordinasi dengan disdukcapil kabupaten bulungan untuk meminta data yg belum mendapatkan akta kelahiran untuk dikirimkan ke desa dan kelurahan. Dengan begitu kita dapat memfasilitasi masyarakat kita untuk mendapatkan akta kelahiran.
Masalah akta kematian, Lurah dan Desa dapat bekerjasama dengan ketua RT setempat . Apabila ada warganya yang meninggal , dapat segera dilakukan pendataan. Kemudian diteruskan ke disdukcapil untuk mendapatkan akta kematian.
Mengenai Rastra Beberapa bulan terakhir ada peninjauan juga oleh beberapa tim dalam masalah Rastra  di desa dan kelurahan. Jangan sampai terdapat permasalahan terhadap Rastra, yang berhak menerima tapi tidak mendapatkan dan yang tidak berhak tapi mendapatkan. Camat berharap kepada Lurah dan Kepala Desa agar dapat mendistribusikan secara valid dengan data yang ada.
di akhir acara camat meminta agar seluruh aparatur Kecamatan serta aparatur Kelurahan dan Desa dapat bersinergi dalam melakukan kegiatan-kegiatan bersama.

 

 

Credit : HS